LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 9, No 1 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Anisa Sihotang (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Ismail Rahmad Daulay (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Devinna Riskiana Aritonang (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menguasai Metode Pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Pendekatan yang dipilih untuk penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 7 kelas berjumlah siswa  230 orang dan sampel dari kelas XI MIA-2 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dengan variabel X sebanyak 10 soal dan variabel Y sebanyak 5 soal melalui rumus korelasi “r” product moment pearson. Menurut analisis tersebut, skor untuk variabel X nilai tertinggi 90 dan terendah 60, dengan nilai rata-rata 79,70. Sedangkan skor tertinggi 90 dan terendah 70 dengan nilai rata-rata 82,05 untuk variabel Y. Nilai yang terdapat pada tabel hubungan “r” product moment pearson  diperoleh > 0.567 sehingga bila dibandingkan dengan  yaitu (0,567 > 0,349) maka hipotesis dalam penelitian diterima. Hasil tersebut membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dari pemilihan metode pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...