International Journal of Geotourism Science and Developmen
Vol. 4 No. 1 (2024): Juni (in Press)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN POJOK BACA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Ni Luh Sumerini (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)
Sariyasa Sariyasa (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)
Nyoman Dantes (Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa, 3) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas III Gugus II Kecamatan Karangasem yang berjumlah 196 siswa. Sampel penelitian ini adalah SD Negeri 5 Subagan, SD Negeri 6 Subagan, dan SD Negeri 1 Pertima sebagai kelas eksperimen. SD Negeri 4 Pertima, SD Negeri 4 Bugbug, dan SD Negeri 5 Bugbug sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat pada nilai sig. 0,000<0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap hasil belajar pada sig. 0,000<0,05. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat dan hasil belajar pada nilai sig. 0,000<0,05

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJGSD

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

International Journal of Geotourism Science and Development is an international scientific Open Access journal published by Badan Pelaksana Rinjani-geopark Rinjani Lombok that publishes original articles with a theoretical and practical focus on Geology areas for Sustainable development, paying much ...