Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa, 3) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas III Gugus II Kecamatan Karangasem yang berjumlah 196 siswa. Sampel penelitian ini adalah SD Negeri 5 Subagan, SD Negeri 6 Subagan, dan SD Negeri 1 Pertima sebagai kelas eksperimen. SD Negeri 4 Pertima, SD Negeri 4 Bugbug, dan SD Negeri 5 Bugbug sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat pada nilai sig. 0,000<0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap hasil belajar pada sig. 0,000<0,05. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat dan hasil belajar pada nilai sig. 0,000<0,05
Copyrights © 2024