Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita pendek pada siswa kelas IV SD WR. Supratman 1 Medan T.A. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol grup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD WR. Supratman 1 Medan yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Kelas eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 78,46 sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelompok kontrol adalah 65,33. Hasil uji Independent Samples Test yang menggunakan data posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa metode reading aloud berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar WR. Supratman 1 Medan.
Copyrights © 2024