Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seluma Kabupaten Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X.G berjumlah 36 siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa. Peningkatan ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 13,1% dan di siklus II sebesar 66,6%. Dari analisis d iatas dapat dipahami bahwa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seluma Kabupaten Seluma tercapai.
Copyrights © 2024