Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol. 14 No. 1 (2024): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip di Era New Normal terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif pada Siswa SMP

Nurhayati (Unknown)
Syafira Putri Lubis, Lailan (Unknown)
Kusyani, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran field trip di era new normal terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif pada siswa SMP Negeri 1 Delitua. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Delitua yang diambil dua kelas secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan menulis teks cerita inspiratif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan tes tulis. Setelah data soal diperoleh dilakukan uji instrumen penelitian dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode field trip di era new normal terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata 76,69 di mana lebih besar dari kelas kontrol dengan rata-rata 51,97 dengan hasil = 0,200 dan = 0,05. Adanya pengaruh metode field trip di era new normal terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif dari = 1,670 dan 0,338 dengan nilai homogenitas sebesar 0,038 > 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...