Sebelum ini pembelajaran Perencanaan Pembelajaran Biologi pada mahasiswa pendidikan biologi FMIPA Universitas Negeri Medan (Unimed) belum menggunakan buku ajar berbasis problematika sehingga mahasiswa belum memiliki kemampuan menganalisis masalah, mencari solusi, dan menerapkan pada penyusunan rencana pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Perencanaan Pembelajaran Biologi berbasis problematika dan untuk menghasilkan draft buku ajar tersebut. Penelitian ini merupakan lanjutan dari tahap analisis kebutuhan yang masuk kepada tahap perancangan. Data diperoleh dari tahap perancangan dan dianalisis secara kualitatif berpedoman kepada standar buku ajar secara nasional. Hasil penelitian ditemukan bahwa cover buku telah berisi informasi lengkap, daftar isi mencerminkan cakupan isi buku ajar yang diharapkan yang sudah melingkupi tujuan pembelajaran secara komprehensif, isi buku memiliki keluasan dan kedalaman yang sesuai dengan problematika penggunaan aplikasi teknologi terkini yang selanjutnya dilakukan tahap pengembangan untuk melihat kalayakan buku ajar ditinjau dari para ahli bahasa, ahli perencanaan, dan ahli teknologi pendidikan.
Copyrights © 2024