Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengaruh Pemanfaatan Mind Mapping Menggunakan Xmind Terhadap Hasil Belajar Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI TKJ

Rizaldi, Septian Cahya (Unknown)
Supriadi, Supriadi (Unknown)
Musril, Hari Antoni (Unknown)
Okra, Riri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini ialah fakta yang ditemukan dilapangan yakni di SMK N 04 Payakumbuh, masih banyaknya siswa kelas XI TKJ yang memperoleh hasil belajar yang rendah, khususnya dalam bidang kemampuan kognitif. Disi lain proses pembelajaran masih didominasi guru dan kurang bervariasinya model pengajaran yang diberikan oleh guru serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang lebih kreatif sehingga mengakibatkan kurang sikap aktifnya siswa selama proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pemanfaatan Mind mapping menggunakan  Xmind terhadap hasil belajar kelas XI TKJ SMK N 04 Payakumbuh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK N 04 Payakumbuh sebanyak 90 orang. Responden dalam penelitian ini yaitu kelas XI TKJ1, TKJ2, TKJ3. Sedangkan teknik dalam pengambilan sampel ialah purvosive sampling yang berarti sampel yang diambil telah memenuhi kriteria tertentu. Purvosive sampling adalah suatu jenis teknik dalam pengambilan sampel dari sebuah populasi yang didasarkan dengan adanya target tertentu dalam suatu penelitian. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment, untuk pendekatan yang digunakan kuantitatif dan dengan desain penelitian tipe “Pretest-Posttest Control Group Design”. Untuk menguji data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 22.0 Data diperoleh melalui hasil pretest dan posttest siswa. Instrumen penelitian yang diterapkan berupa instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda dan data hasil instrumen tes dianalisis statistik berupa uji perbandingan nilai pretest dan posttest kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh bahwa perbedaan hasil belajar kedua kelas sangat signifikan. Kesimpulan tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap kedua kelas nilai posttest. Hasilnya adalah nilai thitung =144,44 sedangkan untuk nilai ttabel=0,391 pada taraf signifikan 5%(0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan mind mapping menggunakan xmind sangat berpengaruh terhadap hasil belajar administrasi sistem jaringan kelas XI TKJ SMK N 04 Payakumbuh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...