Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Meta Analisis: Pendekatan Kooperatif untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar

Ade Niryan (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Aramudin Aramudin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilsis Kembali secara kuantitatif tentang pendekatan pembelajaran kooperatif  dan pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis secara kuantitatif. Sumber data diperoleh dari 17 jurnal yang telah dipilih berdasarkan kriteria tertentu, Artikel-artikel tersebut diperoleh dari hasil penelusuran melalui google scoolar, Phublish or pherish, eric jurnal, garuda, sciendrec.yang diterbitkan secara on line. Dari hasil penelusuran diperoleh 7 jurnal terkait pengaruh pendekatan kooperatif dan minat belajar IPS dan 10 jurnal terkait pendekatan kooperait dengan hasil belajar IPS. Hasil analisis menunjukkan adanya pendekatan kooperatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Dan terlihat adanya hubungan antara hasil dan minat belajar IPS. Hal ini terlihat dari hasil uji non parametrik spearman’s diaman sig 0.215 > 0.05. yang artinya ada hubungan edat antara minat belajar IPS dan Hasil belajar IPS. Bentuk hubungan tersebut mengarah kenegatif karena nilai correlation coofecient sebesar -0.536, dimana nilai ini negative dan mendekati nilai satu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...