Penelitian ini bertujuan untuk menganilsis Kembali secara kuantitatif tentang pendekatan pembelajaran kooperatif dan pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis secara kuantitatif. Sumber data diperoleh dari 17 jurnal yang telah dipilih berdasarkan kriteria tertentu, Artikel-artikel tersebut diperoleh dari hasil penelusuran melalui google scoolar, Phublish or pherish, eric jurnal, garuda, sciendrec.yang diterbitkan secara on line. Dari hasil penelusuran diperoleh 7 jurnal terkait pengaruh pendekatan kooperatif dan minat belajar IPS dan 10 jurnal terkait pendekatan kooperait dengan hasil belajar IPS. Hasil analisis menunjukkan adanya pendekatan kooperatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Dan terlihat adanya hubungan antara hasil dan minat belajar IPS. Hal ini terlihat dari hasil uji non parametrik spearman’s diaman sig 0.215 > 0.05. yang artinya ada hubungan edat antara minat belajar IPS dan Hasil belajar IPS. Bentuk hubungan tersebut mengarah kenegatif karena nilai correlation coofecient sebesar -0.536, dimana nilai ini negative dan mendekati nilai satu.
Copyrights © 2024