Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Pembentukan Karakter Mandiri Pada Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Hapni Laila Siregar (Universitas Negeri Medan)
Najwa Aulia Putri Hasibuan (Universitas Negeri Medan)
Dora Pitaloka (Universitas Negeri Medan)
Faizah Khairani Sir (Universitas Negeri Medan)
Bella Amelia (Universitas Negeri Medan)
Doly Siregar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Karakter mandiri dalam figur seorang mahasiswa sangat diperlukan, mahasiswa yang mandiri sangat erat hubungannya dengan mahasiswa yang memiliki sifat kedewasaan, karena sifat inilah yang menuntun mahasiswa untuk lebih mandiri dalam menghadapi setiap tantangan akademik baik itu tugas maupun non akademik. Pendidikan Agama Islam adalah salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan Agama Islam membantu mahasiswa memahami serta membentuk karakter mandiri dalam dirinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui peran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter mandiri mahasiswa universitas Negeri Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif untuk menggali persepsi mahasiswa mengenai peran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter. Pengumpulan data melibatkan wawancara dengan mahasiswa yang terdaftar dalam program, analisis kurikulum, dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter mandiri pada mahasiswa Universitas Negeri Medan. Mayoritas mahasiswa setuju bahwa Pendidikan Agama Islam berhasil menanamkan nilai-nilai kemandirian pada mahasiswanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...