Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Literasi Numerasi untuk Siswa Kelas V SD

Novitasari, Dian (Unknown)
Nopriyanti, Tika Dwi (Unknown)
Rosita, Laili (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis literasi numerasi pada materi volume kerucut dan tabung di kelas V B SD Negeri  83 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas V B SD Negeri 83 Palembang sebanyak 22 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Tes dibuat menggunakan indikator literasi numerasi yaitu kemampuan menganalisis informasi dalam bentuk gambar, grafik, tabel dan diagram, kemampuan menggunakan angka dan simbol pada materi matematika dasar dalam penyelesaian permasalahan konteks sehari-hari dan kemampuan pemahaman konteks dalam menyelesaikan masalah matematika dan pengambilan keputusan, sedangkan hasil data tes dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yang telah ditetapkan yaitu interpretasi, analisis, ekplanasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berbeda-beda, siswa dengan kategori berpikir kritis tinggi sebanyak 8 siswa atau 36,36%, siswa dengan kategori berpikir kritis sedang sebanyak 10 siswa atau 45,45% dan siswa dengan kategori berpikir kritis rendah sebanyak  4 siswa atau 18,18%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...