Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Berbantuan LKPD Dadu Edukatif Siswa Kelas IV SD Al-Islah Surabaya

Elistania, Febi Fauzia (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)
Rohimah, Ainur (Unknown)
Isnainiyah, Isnainiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar kognitif matematika materi pengumpulan dan penyajian data pada kelas IV SD Al Islah Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16 siswa Perempuan dari kelas IV SD Al Islah Surabaya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada pra siklus , hasil belajar tuntas diperoleh oleh 8 siswa (22,86%), pada siklus I hasil belajar tuntas diperoleh oleh 16 siswa (45,71%), sedangkan pada siklus II hasil belajar tuntas meningkat menjadi 29 siswa (82,86%). Dengan demikian, peningkatan hasil belajar melaluiĀ  model pembelajaran discovery learning berbantu LKPD Dadu edukatif materi pengolahan data siswa kelas IV dapat dianggap berhasil, karena 29 dari 35 siswa dinyatakan tuntas. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu LKPD Dadu berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...