Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 1 (2024): irje 2024

Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya melalui Media Platform Wordwall.net pada Siswa Kelas IV SD AL-Islah Surabaya

Omega, Shera Alva (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)
Rohimah, Ainur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui Platform Wordwall.net sebagai alat bantu belajar siswa kelas IV SD Al-Islah Surabaya yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen observasi aktivitas peserta didik, serta tes tulis untuk mengetahui hasil belajar. Data analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada masa pra siklus nilai rata-rata sebesar 64,85 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 37%, pada siklus I nilai rata-rata menjadi 74,28 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 71% skor aktivitas belajar peserta didik sebesar 62%, pada siklus II nilai rata-rata mencapai 79,71 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 80% skor aktivitas belajar peserta didik sebesar 95%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media platform Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...