Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 100 Palembang

Tazkiah, Inez (Unknown)
Hetilaniar, Hetilaniar (Unknown)
Dedy, Adrianus (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 100 Palembang. Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode True Eksperimen. Sampel yang digunakan Purposive Sampling sampel yang diambil dalam penelitian adalah seluruh kelas V.a yang terdiri dari 23 Siswa sebagai kelas eksperimen dan V.b sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Tes dan Dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata yang lebih baik dari kelas kontrol, dengan hasil belajar pada kelas eksperimen katagori tinggi (83,04). Pada kelas kontrol dalam katagori rendah (70,45). Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 100 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...