Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Manajemen Bimbingan Konseling dalam Penanganan Bullying di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nurul Fajri

Bagas Gilang Ramadhan Maryono (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Abubakar Abubakar (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kasja Eki Waluyo (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji praktik manajemen bimbingan konseling dalam penanganan bullying di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nurul Fajri. Bullying merupakan tindakan kekerasan yang berdampak negatif pada kesehatan mental, prestasi akademik, dan perkembangan sosial korban. Melalui pendekatan kualitatif secara deskriptif , penelitian ini mengumpulkan data dari wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya pemahaman yang komprehensif tentang jenis-jenis bullying, faktor penyebab, dan dampaknya. Manajemen bimbingan konseling memainkan peran krusial dalam pencegahan dan intervensi bullying melalui program pendidikan karakter, pelatihan empati, konseling individu/kelompok, serta kerjasama dengan guru, orangtua, dan pihak terkait. Tantangan utama termasuk menciptakan lingkungan aman untuk pelaporan kasus, keterlibatan orangtua, evaluasi program, dan penyesuaian dengan sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan berkelanjutan, pelatihan guru, dan kemitraan dengan organisasi anti-bullying untuk meningkatkan efektivitas penanganan masalah ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...