Penelitian ini mengkaji praktik manajemen bimbingan konseling dalam penanganan bullying di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nurul Fajri. Bullying merupakan tindakan kekerasan yang berdampak negatif pada kesehatan mental, prestasi akademik, dan perkembangan sosial korban. Melalui pendekatan kualitatif secara deskriptif , penelitian ini mengumpulkan data dari wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya pemahaman yang komprehensif tentang jenis-jenis bullying, faktor penyebab, dan dampaknya. Manajemen bimbingan konseling memainkan peran krusial dalam pencegahan dan intervensi bullying melalui program pendidikan karakter, pelatihan empati, konseling individu/kelompok, serta kerjasama dengan guru, orangtua, dan pihak terkait. Tantangan utama termasuk menciptakan lingkungan aman untuk pelaporan kasus, keterlibatan orangtua, evaluasi program, dan penyesuaian dengan sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan berkelanjutan, pelatihan guru, dan kemitraan dengan organisasi anti-bullying untuk meningkatkan efektivitas penanganan masalah ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024