Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Manajemen Peserta Didik dalam Rangka Pelayanan Pembelajaran Kepada Peserta Didik di SMAN 1 Telagasari

Dita Apriyani (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Abubakar Abubakar (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kasja Eki Waluyo (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen peserta didik dalam rangka pelayanan pembelajaran di SMAN 1 Telagasari. Manajemen peserta didik meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang komprehensif mengenai implementasi manajemen peserta didik di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan dan potensi setiap peserta didik, yang kemudian dijadikan dasar dalam merancang program pembelajaran. Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk kelas dan kelompok belajar yang heterogen, serta penugasan guru pembimbing. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode inovatif seperti pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif, didukung oleh penggunaan teknologi informasi. Pengawasan dan evaluasi dilakukan secara berkala untuk memastikan pencapaian tujuan pendidikan dan perbaikan program pembelajaran. Partisipasi aktif dari orang tua, masyarakat, dan pemerintah juga terbukti memberikan dukungan signifikan dalam meningkatkan kualitas manajemen peserta didik. Dengan manajemen yang efektif, SMAN 1 Telagasari berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan inklusif, mendukung perkembangan holistik peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...