Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Nihayatul Amal Purwasari

Lintang Ayu Patimah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Mimin Maryati (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nida'ul Munafiah (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Nihayatul Amal Purwasari, dengan fokus pada strategi manajemen dan tantangan yang dihadapi. Isu-isu pokok yang diangkat meliputi peran penting kepala sekolah dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan, serta hambatan seperti kurangnya motivasi siswa, perubahan kurikulum, dan masalah emosional serta psikologis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan gambaran jelas mengenai manajemen kepala sekolah dan mengidentifikasi kendala yang menghambat prestasi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah yang efektif, yang mencakup perencanaan matang, pengorganisasian efisien, pelaksanaan terarah, dan pengawasan ketat, dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Selain itu, dukungan emosional dan psikologis bagi siswa, serta partisipasi aktif orang tua, terbukti penting dalam mengatasi tantangan dan meningkatkan prestasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...