Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Struktur Fungsi Ungkapan Larangan Masyarakat Karang Cahaya Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat

Sartika, Peni (Unknown)
Wardiah, Dessy (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Ungkapan larangan merupakan ungkapan yang mengandung perintah melarang kegiatan manusia. Larangan ini diungkapkan dalam berbagai bentuk, seperti bentuk imperatif ”tidak boleh” atau ungkapan “tidak boleh”. Klausa larangan ini mempunyai struktur dan fungsi sosial dengan berstruktur dua bagian, yaitu klausa larangan yang mempunyai sebab akibat dan ungkapan larangan berstruktur tiga bagian yakni tanda, perubahan dan hasil serta fungsi sosial sebagai penebal emosi keyakinan keagamaan, proyeksi khayalan (halusinasi), mendidik, dan melarang. Oleh karena itu, peneliti mengunakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data tiga tahap yaitu. Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini melibatkan masyarakat Desa Karang Cahaya Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat. Serta mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, berdasarkan hasil penelitian yang dapat saya simpulkan ungkapan larangan ini suda mulai hilang karena suda terpengaruh oleh IPTEK yang membuat mereka ketergantungan sehingga aanak muda tidak mengenal ungkapan larangan yang ada di masyarakat desa karang cahaya, karena mereka disibukan dengan teknologi yang semakin berkembang dan banyak menganggap ungkapan larangan takhayul, tetapi tidak sepenunya mereka tidak mempercayainya dengan arti lain mereka secara tidak sadar terkait dengan hal tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...