Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Pengaruh Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kelas V SD Negeri 01 Rasuan

Puji Ayurachmawati (Universitas PGRI Palembang)
Ratih Asmara (Universitas PGRI Palembang)
Tika Dwi Nopriyanti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekataan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis kelas V SD Negeri 01 Rasuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu thitung = 2,945 > ttabel = 1,724. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikiran ada pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis kelas V.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...