Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pedoman pembelajaran mandiri berbasis e-book guna meningkatkan kesiapan belajar mandiri (self-directed learning readiness atau SDLR) pada siswa. Dalam era digital saat ini, keterampilan belajar mandiri menjadi semakin penting karena siswa diharapkan mampu mengelola pembelajarannya sendiri dengan efektif. Meskipun demikian, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemandirian belajar, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti keterbatasan sumber daya, perbedaan individu, dan kebutuhan akan bimbingan langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TM 1 SMK Negeri 2 Palembang dengan jumlah total 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedoman pembelajaran mandiri yang dikembangkan dinilai sangat valid oleh ahli media, materi, dan bahasa dengan persentase validasi sebesar 90,93%. Uji coba one to one (perorangan) memperoleh persentase sebesar 95% yang dikategorikan sebagai “Sangat Praktis”. Uji coba kelompok kecil (Small Group) memperoleh nilai persentase sebesar 93,3% dengan kategori “Sangat Praktis”. Pedoman ini mencakup strategi belajar efektif, manajemen waktu, teknik motivasi, dan penggunaan teknologi pembelajaran. Implementasi pedoman tersebut mampu meningkatkan kesiapan belajar mandiri siswa secara signifikan. Berdasarkan uji coba lapangan dan evaluasi oleh ahli, pedoman ini dinyatakan valid.
Copyrights © 2024