Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika pada Siswa SMP

Ari Atmaja Surbakti (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Nuryadi Nuryadi (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Supriyanti Supriyanti (SMP Negeri 1 Sedayu)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang melibatkan pengamatan langsung, tes soal literasi matematika, dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menentukan langkah penyelesaian, dan mengubah soal literasi ke dalam bentuk matematika. Penyebab utama kesulitan ini adalah pemahaman konsep yang kurang mendalam dan ketidaktelitian siswa dalam mengerjakan soal. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...