Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Identifikasi Faktor Kesulitan Siswa dalam Membedakan Kata Baku dan Kata Tidak Baku pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 23 Palembang

Sormin, Nurliati (Unknown)
Nuranisa, Nuranisa (Unknown)
Hermansyah, Hermansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor kesulitan siswa dalam membedakan kata baku dan kata tidak baku pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 23 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah:Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan hasil bahwa faktor kesulitan siswa dalam membedakan kata baku dan kata tidak baku pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri 23 Palembang, meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor dari diri siswa sendiri dimana lemahnya minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi tentang kata baku dan tidak baku. Faktor eksternal yaitu faktor dari lingkungan keluarga dan sekolah. Faktor lingkungan keluarga yaitu kurangnya peran orang tua terhadap siswa yang dimana ornag tua tidak mau memberitahukan kepada anak untuk membedakan kata baku dan kata tidak baku. Selanjutnya faktor lingkungan sekolah yaitu seringnya interaksi campuran yang dilakukan guru ketika proses belajar mengajar berlangsung, kemudian antar siswa juga terkadang sering berinteraksi dengan menggunakan bahasa campuran/ tidak baku.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...