Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk mengetahui proses dan meningkatkan hasil belajar mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media Puzzle Maker di kelas V SD Khadijah 3 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan menggunakan dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini terdapat 25 yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Pada tahap pra siklus didapatkan hasil rata-rata jumlah nilai peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia di bawah KKM yakni 68% dari 17 peserta didik dan 32% persen dari 8 peserta didik memperoleh nilai di atas KKM. Diperoleh data Siklus I hasil belajar peserta didik meningkat, dengan perolehan persentasi 60% dari 15 peserta didik tuntas dan 40% dari 10 peserta didik tidak tuntas. Hasil persentase pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yakni 88% dari 22 peserta didik tuntas dan 12% dari 3 peserta didik tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penggunaan media Puzzle Maker dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Khadijah 3 Surabaya pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2024