Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Krisis Kesantunan Berbahasa Warganet pada Kolom Komentar Media Sosial Tik-Tok Pitaahrld

Sunarte, Wayan (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)
Masnunah, Masnunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah prinsip kesantunan berbahasa warganet pada kolom komentar media sosial Tik – tok Pitaahrld. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan krisis kesantunan berbahasa warganet pada kolom komentar media sosial Tik – tok. Metode penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan krisis kesantunan berbahasa warganet pada kolom komentar media sosial Tik - tok pitaahrld. Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1. Teknik Dokumentasi, 2. Teknik Baca, dan 3. Teknik Catat. Teknik analisis data yang lakukan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan analisis isi. hasil dan pembahasan pada penelitian ini wujud penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam komentar akun Tik - tok Pitaahrld pada bulan September – Oktober - 2023 telah ditemukan pelanggaran maksim kesantunan berjumlah 100 komentar dengan masing-masing 10 komentar setiap prinsip maksim kesantunan di media sosial Tik – tok pada postingan Pitaahrld September – Oktober - 2023. Dari kesepuluh maksim tersebut penutur menggunakan bahasa yang tidak baku sehingga penutur tidak dapat memberikan pengaruh baik terhadap pengguna media sosial terkhusus media sosial Tik - tok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...