Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 2 (2024): irje 2024

Penerapan Metode Pembelajaran Buzz Group Berbantu Media Smart Spinner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 024 Rambah Samo

Rejeki, Rejeki (Unknown)
Sari, Nauili Tama (Unknown)
Efendi, Rinja (Unknown)
Safrudin, Safrudin (Unknown)
Reski, Seri Mulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 024 Rambah Samo melalui metode pembelajaran Buzz Group berbantu media Smart Spinner. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 024 Rambah Samo yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa 57,14% dengan rata-rata kelas 66,19. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 85,71% dengan rata-rata kelas 82,38. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Buzz Group berbantu media Smart Spinner dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...