Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Penanaman Karakter Religius pada Peserta Didik Melalui Penerapan Program Islamic Full Day School

Sari, Galuh Mayang (Unknown)
Djazilan, M. Sukron (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)
Rahayu, Dewi Widiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Penanaman karakter pada peserta didik melalui program full day school dapat dinilai dari pencapaian tujuan pendidikan sekolah dan hasil dari proses pembentukan karakter itu sendiri terutama pada karakter religiusnya. Salah satu upaya untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas adalah melalui sekolah yang berbasis agama dan menerapkan sistem full day school agar pembentukan karakter secara kontinu tersebut dapat mencapai hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan full day school dalam penanaman karakter religius siswa di SD Islam Khazanah Ilmu, dan mengetahui proses penanaman karakter religius pada program full day school di SD Islam Khazanah Ilmu. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif, yang melibatkan analisis, deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya full day school siswa lebih terbimbing dengan kegiatan pembiasaan, penguatan perilaku, ekstrakurikuler, dan penanaman nilai agama pada siswa, sehingga siswa lebih memiliki kegiatan produktif dan tidak memiliki waktu untuk melakukan penyimpangan sosial. Simpulan ini menunjukkan full day school siswa lebih terbimbing dengan kegiatan pembiasaan, penguatan perilaku, ekstrakurikuler, dan penanaman nilai agama pada siswa, sehingga siswa lebih memiliki kegiatan produktif dan tidak memiliki waktu untuk melakukan penyimpangan sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...