Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Implementasi Media Big Book dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar di UPT SDN 226 Gresik

Safitri, Amanda Wahyu (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)
Ghufron, Syamsul (Unknown)
Mariati, Pance (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca siswa kelas rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan dan mendeskripsikan penerapan media big book. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca siswa kelas 1B UPT SDN 226 Gresik cukup bagus, penerapan media big book dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan di UPT SDN 226 Gresik berjalan efektif dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan percaya diri saat pembelajaran berlangsung. Simpulan secara umum, ditemukan bahwa implementasi media big book dapat mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1B di UPT SDN 226 Gresik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...