Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Baca dan Tulis pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 227 Gresik

Jannah, Hana Roudlotul (Unknown)
Susanto, Rudi Umar (Unknown)
Akhwani, Akhwani (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat kemampuan baca dan tulis pada siswa kelas II UPT SD Negeri 227 Gresik. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan baca dan tulis pada siswa kelas II, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui faktor penghambat kemampuan baca dan tulis siswa, serta mengetahui pengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam kemampuan baca dan tulis siswa. Metode ini dipilih karena fokus pada pemahaman mendalam melalui pengumpulan data non-angka seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek terdiri 5 siswa data diperoleh 2 siswa terbata – bata dan 3 siswa tidak bisa sama sekali. Hasil penelitian menunjukan faktor penghambat kemampuan baca dan tulis siswa paling besar berasal dari faktor internal yakni minat belajar pada dirinya sendiri, faktor eksternal juga memiliki pengaruh dalam keberhasilan baca dan tulis tetapi tidak terlalu besar. Kemampuan baca dan tulis siswa menjadi pengaruh pada kegiatan belajar mengajar yang menjadikan siswa terhambat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...