Peran guru dalam menanamkan sikap demokratis melalui pembelajaran berdiferensiasi dianggap sudah maksimal. Untuk itu diperlukan penanaman sikap lain melalui pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan agar dapat membantu guru dalam menanamkan sikap demokratis kepada peserta didik. Maka tujuan penelitian ini untuk menganalisis: (1) peran guru dalam menanamkan sikap demokratis melalui pembelajaran berdiferensiasi sekolah dasar di Surabaya. (2) tantangan guru dalam menanamkan sikap demokratis melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Dasar di Surabaya. (3) solusi guru dalam menanamkan sikap demokratis melalui pembelajaran berdifernsiasi Sekolah Dasar di Surabaya Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Dasar di kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus mengenai peran guru dalam menanamkan sikap demokratis melalui pembelajaran berdiferensiasi kelas Sekolah Dasar di Surabaya. Adapun data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara bersama guru kelas dan dokumen. Observasi berupa pengamatan yang dilakukan secara langsung di dalam kelas. Teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik, sedangkan Teknik analisis data melalui tiga tahap mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi hingga penyimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) guru melakukan peranannya sebagai fasilitator, sebagai motivator, sebagai demonstrator, sebagai pengelola, dan sebagai evaluator dalam menanamkan sikap demokratis melalui pembelajaran berdiferensiasi. (2) Terdapat tantangan dalam menanamkan sikap demokratis melalui pembelajaran berdiferensiasi diantaranya adanya perbedaan karakteristik peserta didik, ego peserta didik yang tinggi, dan adanya perbedaan kemampuan atau daya tangkap peserta didik. (3) Solusi guru dalam menanamkan sikap demokratis melalui pembelajaran berdiferensiasi diantaranya mendorong keaktifan dalam diskusi, mengajarkan empati dan kesabaran, serta menggunakan pendekatan secara personal dengan memberikan dukungan dan tambahan waktu.
Copyrights © 2024