Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V SDN X Surabaya

Mahmudah, Faridatun Nurul (Unknown)
Akhwani, Akhwani (Unknown)
Rulyansah, Afib (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Latar belakang bahwa pola asuh merupakan suatu cara yang digunakan oleh orang tua untuk mencapai hal yang diingankan. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam pendidikan keluarga sangat mempengaruhi karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran pola asuh orang tua dan karakter disipin serta menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dan karakter disiplin peserta didik di SDN Manyar Sabrangan II/231 Surabaya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan negatif antara pola asuh orang tua dan karakter disiplin peserta didik sekolah dasar. Simpulan ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan negatif antara pola asuh orang tua dan karakter disiplin peserta didik sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...