Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Transformasi Budaya Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Marlina, Emas (Unknown)
Silaswati, Diana (Unknown)
Nurwulan, R. Rinayanti Laila (Unknown)
Wintarsih, Wintarsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran berbasis budaya dirancang untuk berfokus pada materi yang dikaitkan dengan budaya lokal daerah tempat siswa berasal dengan sesuai  latar belakang, pengalaman dan pengetahuan awal yang beragam dalam kehidupan sehari-hari yang ditransformasikan dengan budaya daerah lain di Indonesia dan budaya asing dalam mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Dalam mendukung tujuan tersebut, perangkat pembelajaran berorientasi transformasi budaya ini dihasilkan melalui sebuah studi pengembangan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Plomp dan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di salah satu sekolah yang berada di Kabupaten Bandung dengan sampel terdiri dari 3 kelas yaitu kelas uji coba terbatas, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket dengan menggunakan instrumen penelitiannya adalah lembar validasi, lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan angket respon siswa. Hasil penelitian dengan metode Plomp menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian dengan metode eksperimen  terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi hasil Uji ANOVA One Way  p-value 0,002 (sig < 0,005) menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...