Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media augmented reality terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Matoa Mandiri Duri Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan mengenal konsep bilangan. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan analisis data sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori mulai berkembang (MB), sesudah diberikan perlakuan berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), terdapat pengaruh media augmented reality terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia usia 4-5 tahun di TK Matoa Mandiri Duri Kabupaten Bengkalis yang signifikan yaitu sebesar 71,71%.
Copyrights © 2024