Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Throw Ball terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Shalsabila Education Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest, yaitu eksperimen yang dilakukan pada 1 kelompok saja tanpa adanya kelompok pembanding. Populasi penelitian terdiri dari semua anak kelas A di PAUD Shalsabila Education yang berjumlah 15 orang, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Analisis menggunakan uji t-test yang menghasilkan nilai t hitung sebesar 14,243, dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05, yaitu 0,000. Selain itu, berdasarkan hasil uji N-Gain, efektivitas pada media Throw Ball dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Shalsabila Education adalah 78,29%, yang masuk dalam kategori tinggi. Analisis data menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pengenalan konsep bilangan setelah penggunaan media Throw Ball. Ini menunjukkan bahwa media Throw Ball berpengaruh positif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Shalsabila Education, Pekanbaru.
Copyrights © 2024