Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Pengaruh Media Throw Ball terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia 4-5 tahun di PAUD Shalsabila Education Kota Pekanbaru

Wahyuni, Ridha Try (Unknown)
Novianti, Ria (Unknown)
Satria, Defni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Throw Ball terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Shalsabila Education Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest, yaitu eksperimen yang dilakukan pada 1 kelompok saja tanpa adanya kelompok pembanding. Populasi penelitian terdiri dari semua anak kelas A di PAUD Shalsabila Education yang berjumlah 15 orang, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Analisis menggunakan uji t-test yang menghasilkan nilai t hitung sebesar 14,243, dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05, yaitu 0,000. Selain itu, berdasarkan hasil uji N-Gain, efektivitas pada media Throw Ball dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Shalsabila Education adalah 78,29%, yang masuk dalam kategori tinggi. Analisis data menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pengenalan konsep bilangan setelah penggunaan media Throw Ball. Ini menunjukkan bahwa media Throw Ball berpengaruh positif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Shalsabila Education, Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...