Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Studi Evaluasi Praktikum Fisika Dasar dengan Metode CIPP

Dinata, Pri Ariadi Cahya (Unknown)
Sari, Desy Kumala (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Penjaminan mutu program eksperimen fisika dasar perlu dilakukan agar dapat membekali kemampuan calon guru sains. Upaya yang dilakukan dengan mengevaluasi program eksperimen fisika dasar. Agar setiap tahapannya dapat di evaluasi secara rinci, digunakan metode evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Responden yang terlibat dalam kegiatan evaluasi program ini yaitu dosen pengampu mata kuliah fisika dasar, kepala laboratorium, laboran, dan mahasiswa calon guru sains. Mahasiswa yang terlibat sebanyak 129 orang yang berasal dari program studi pendidikan fisika, pendidikan kimia, dan pendidikan biologi, Universitas Palangka Raya. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrument berupa lembar wawacnara, angket, serta dokumen yang dibutuhkan seperti Rencana Pembelajaran Semester (RPS), buku panduan eksperimen, dan laporan eksperimen. Data angket yang digunakan menggunakan skala likert 5 poin sehingga perlu di konversi menjadi nilai kategori. Berdasarkan hasil evaluasi pada setiap tahapannya, secara keseluruhan semua tahapan sudah terlaksana dengan baik. Rekomendasi yang diberikan bagi program evaluasi eksperimen fisika dasar yaitu, perlunya disediakan SOP perawatan alat, kegiatan seminar fisika sebagai luaran hasil praktikum perlu dipertahankan, perlunya instrument evaluasi yang baku untuk pengukuran capaian pembelajaran praktikum.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...