Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Practical Life terhadap Kemandirian Mengurus Diri pada Anak di TK Pembina Kecamatan Kabupaten Padang Pariaman

Pahrul, Yolanda (Unknown)
Watipah, Yovani Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Pengaruh model pembelajaran practical life terhadap kemandirian mengurus diri pada anak di tk pembina kecamatan. Kemandirian sangat berkaitan erat dengan faktor eksternal seperti pengalaman. Model pembelajaran practical life akan membantu anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri, tanpa bantuan orang dewasa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran practical life terhadap kemandirian mengurus diri pada anak usia dini. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, dengan 14 orang sampel anak usia 4-5 tahun. Dalam penelitian ini peneliti hanya akan menggunakan satu kelompok yaitu kelompok eksperimen. Desain satu kelompok yang akan digunakan adalah jenis one group pretest-posttest. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel area, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran practical life terhadap kemandirian mengurus diri pada subjek, dengan taraf signifikansi 0.001 (0.001<0.005). Seluruh subjek mengalami kenaikan skor dari pretest ke posttest. Keberhasilan dari kegiatan ini setelah dilakukan evaluasi terhadap hasil yang didapatkan dan perubahan yang terjadi pada subjek adalah sebesar 89.3%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...