Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Analisis Formulasi Strategis untuk Membangun Lembaga Pelatihan dan Pembinaan Berbasis Digital di Indonesia

Budi Wibowo (Universitas Esa Unggul)
Edi Hamdi (Universitas Esa Unggul)
Rhian Indradewa (Universitas Esa Unggul)
Agus Munandar (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada formulasi strategi untuk mendukung digitalisasi lembaga pelatihan dan pembinaan UMKM di Indonesia, suatu sektor krusial yang menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. Melalui penggunaan metode survei dan analisis data sekunder, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi adopsi digital di lembaga-lembaga tersebut dan merumuskan strategi efektif untuk mengatasi berbagai hambatan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pembinaan yang berfokus pada kebutuhan spesifik UMKM, serta integrasi teknologi informasi, dapat meningkatkan kompetensi digital dan efektivitas operasional UMKM. Strategi pembinaan pasca-pelatihan, yang diidentifikasi melalui QSPM sebagai pilihan yang lebih atraktif, direkomendasikan untuk diterapkan guna mengoptimalkan potensi pertumbuhan UMKM di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...