Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Manajemen Pemasaran Secara Digital di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang

Cahyadi Hawanur (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Acep Nurlaeli (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Sya'roni Ma'shum (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen pemasaran secara digital di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang telah menerapkan manajemen pemasaran secara digital melalui pemanfaatan website dan media sosial. Pemasaran digital terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness, menarik minat calon peserta didik, dan bersaing dengan madrasah lainnya. Meskipun terdapat tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan persaingan, namun madrasah dapat mengatasinya melalui pelatihan, kerjasama dengan praktisi pemasaran digital, serta inovasi dalam pembuatan konten pemasaran. Keterlibatan siswa dan alumni dalam pemasaran digital juga menjadi strategi yang efektif untuk menarik minat calon peserta didik melalui kekuatan word of mouth.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...