Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Stategi Komunikasi Kepala Madrasah Kepada Guru dan Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Belajar Mengajar

Riza Taufiqurrahman (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Astuti Darmayanti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ajat Rukajat (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Meningkatkan mutu belajar mengajar merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh Madrasah, khususnya oleh Kepala Madrasah sebagai leader. Kepala Madrasah merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam meningkatkan sumber daya Madrasah secara optimal. Dalam hal belajar mengajar, perlu adanya sebuah strategi komunikasi kepada guru serta peserta didik. Strategi komunikasi yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru untuk mengajar, dan meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka atau library research dimana sumber data diperoleh dari beberapa buku dan dokumen dengan topik yang relevan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Kepala Madrasah dapat mengkombinasikan strategi komunikasi antara komunikasi satu arah, dua arah, dan banyak arah. Dengan adanya hal tersebut, guru tetap dapat berperan sebagai komunikator dan peserta didik sebagai komunikan. Dilain waktu, keduanya dapat saling berperan secara bergantian sebagai komunikator dan komunikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...