Meningkatkan mutu belajar mengajar merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh Madrasah, khususnya oleh Kepala Madrasah sebagai leader. Kepala Madrasah merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam meningkatkan sumber daya Madrasah secara optimal. Dalam hal belajar mengajar, perlu adanya sebuah strategi komunikasi kepada guru serta peserta didik. Strategi komunikasi yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru untuk mengajar, dan meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka atau library research dimana sumber data diperoleh dari beberapa buku dan dokumen dengan topik yang relevan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Kepala Madrasah dapat mengkombinasikan strategi komunikasi antara komunikasi satu arah, dua arah, dan banyak arah. Dengan adanya hal tersebut, guru tetap dapat berperan sebagai komunikator dan peserta didik sebagai komunikan. Dilain waktu, keduanya dapat saling berperan secara bergantian sebagai komunikator dan komunikan.
Copyrights © 2024