Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Amal Mulia 2 Kabupaten Karawang

Virda Oktaviani Santoso (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Astuti Darmiyanti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ajat Rukajat (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kepemimpinan transformasional oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Amal Mulia 2 Kabupaten Bogor. Kepemimpinan transformasional yang diterapkan mencakup empat aspek utama: motivasi, stimulasi intelektual, perhatian individual, dan pengaruh idealis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang mampu memotivasi guru, memberikan stimulasi intelektual, serta memberikan perhatian individual yang memadai, dapat meningkatkan kinerja guru secara signifikan. Penerapan kepemimpinan transformasional ini juga terbukti berpengaruh positif terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kesimpulannya, kepemimpinan transformasional kepala sekolah sangat efektif dalam mendorong peningkatan kinerja guru, yang pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...