Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 3 (2024): Volume 8, Nomor 3, 2024

Pengaruh Media E-learning Berbasis Android terhadap Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn

Fitri Sulastri (Unknown)
Ratna Sari Dewi (Unknown)
Febrian Alwan Bahrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana media e-learning berbasis android mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Panggarangan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Populasi yang diteliti yaitu siswa kelas XII. Proportionate stratified random sampling digunakan sebagai pengambilan sampel untuk mengumpulkan data penelitian, dengan menggunakan angket dan soal tes berupa pilihan ganda. Dari hasil analisis data, variabel X (media e-learning) memiliki pengaruh terhadap Y (hasil belajar). Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikansi (dari tabel coefficients) diperoleh nilai sebesar 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dengan perolehan nilai thitung= 8,931 > ttabel =1,685 yang mengindikasikan korelasi X dan Y memiliki keeratan hubungan yang sangat kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...