Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana media e-learning berbasis android mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Panggarangan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Populasi yang diteliti yaitu siswa kelas XII. Proportionate stratified random sampling digunakan sebagai pengambilan sampel untuk mengumpulkan data penelitian, dengan menggunakan angket dan soal tes berupa pilihan ganda. Dari hasil analisis data, variabel X (media e-learning) memiliki pengaruh terhadap Y (hasil belajar). Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikansi (dari tabel coefficients) diperoleh nilai sebesar 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dengan perolehan nilai thitung= 8,931 > ttabel =1,685 yang mengindikasikan korelasi X dan Y memiliki keeratan hubungan yang sangat kuat.
Copyrights © 2024