Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 3 (2024): Volume 8, Nomor 3, 2024

Manajemen Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan (Studi Komparasi di SMPN 14 Mataram dan SMP Dwi Jendra Mataram)

Zikrul Hamdani (Unknown)
S. Ali Jadid Al Idrus (Unknown)
Subki Subki (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Indonesia adalah negara dengan keragaman luar biasa yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, etnik, agama, dan budaya, namun saat ini menghadapi tantangan intoleransi yang meningkat, termasuk di lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen moderasi beragama di SMPN 14 Mataram dan SMPS Dwijendra Mataram, menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah memiliki strategi yang berbeda namun sejalan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kebijakan moderasi beragama. SMPN 14 Mataram menerapkan nilai-nilai moderasi melalui kurikulum yang inklusif, sementara SMPS Dwijendra Mataram menekankan komunikasi dan koordinasi dalam pelaksanaan program. Evaluasi di kedua sekolah menunjukkan bahwa moderasi beragama telah terintegrasi dalam kegiatan akademik dan non-akademik, membantu menciptakan lingkungan yang toleran dan harmonis. Penelitian ini berkontribusi dengan memberikan gambaran tentang pentingnya moderasi beragama di sekolah untuk membentuk siswa yang toleran dan menghargai perbedaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...