Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024

Analisis Jenis dan Tingkat Kesulitan Belajar Dalam Pelajaran Tajwid Siswa MTs Qurrotu’ain Al Maaliki

Ridham addimasyqi (Unknown)
Abas Mansur Tamam (Unknown)
Akhmad Alim (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kesulitan belajar siswa MTs Quratu’ain Al Maaliki Bogor tahun pelajaran 2023/ 2024 pada pelajaran tajwid dengan menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan non eksperimen yang berlokasi di MTs Qurrotu’ain Al Maaliki Bogor. Pemilihan sampel penelitian ini dengan memilih seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX MTs Qurrotu’ain Al Maaliki Bogor tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data peneliti gunakan adalah angket tes hasil belajar diagnostik. Instrumen yang dikembangkan merupakan modifikasi dari indikator pemahaman konsep menurut Benyamin S. Bloom. Hasil dari tes diagnostik dianalisis menggunakan analisis kombinasi jawaban dan ditentukan persentase kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jenis kesulitan siswa dalam memahami konsep dan tujuan ilmu tajwid dengan tingkat kategori kesulitan rendah (8,69%,). Jenis kesulitan belajar siswa pada indikator menentukan contoh relevan dengan tingkat kategori sedang (41,74%). Jenis kesulitan belajar siswa dalam menyimpulkan konsep tajwid dengan tingkat kategori tinggi (66,95%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...