Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 1 (2024): Volume 8, Nomor 1, 2024

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Audiovisual Melalui Video Blogging Menggunakan Model Samr pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Indawati Indawati (Unknown)
Ibut Priono Leksono (Unknown)
Ujang Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Menghasilkan produk berupa bahan ajar PAI berbasis audiovisual berupa Video Blogging untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan materi Hidup Sederhana, (2) mengetahui keefektifan bahan ajar PAI berupa Video Blogging, (3) mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar PAI berbasis audiovisual melalui Video Blogging yang diterapkan dalam pembelajaran, (4) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar PAI berupa Video Blogging. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification, Redifinition). Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar berbasis audiovisual melalui video blogging mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji kelayakan dari Ahli Media, Ahli Desain dan Ahli Materi menyatakan bahan ajar yang dikembangkan sangat layak dengan persentase kelayakan ahli media sebesar 92%, ahli desain sebesar 92% dan ahli materi sebesar 93%. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar (lapangan) juga menunjukkan persentase kelayakan 97,21% dan 96,8% yang artinya bahan ajar berupa Video Blogging ini sangat layak digunakan digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Mari Hidup Sederhana untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar sehingga 92,59% peserta didik mencapai hasil belajar di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...