Media fun thinkers book berbasis contextual teaching and learning (CTL) ini dibuat sebagai alternative untuk proses pembelajaran pada mata pelajaran PKN. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi: analyze, design, development, implementation dan evaluation. Teknik yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dokumentasi. Validasi ahli media memperoleh presentase skor 90% dengan kategori “Valid”. Validasi ahli materi memperoleh presentase skor 95% dengan kategori “Valid”. Validasi ahli bahasa memperoleh presentase skor 85% dengan kategori “Valid”. Pengukuran kemenarikan dari media fun thinkers book dengan angket respon guru memperoleh presentase skor 100% dengan kategori “Sangat Menarik” dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Pengukuran kemenarikan dengan angket respon siswa memperoleh presentase skor 98% dengan kategori “Sangat Menarik”. Pengukuran tingkat berpikir kritis dilakukan menggunakan pre-test dan post-test dengan menggunkan media fun thinkers book memperoleh hasil 0,725 dengan kriteria “Tinggi”.
Copyrights © 2024