Dilakukan kajian literatur pada hasil riset pembelajaran IPA yang menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan mutu hasil belajar. Penelitan dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas pendekatan pembelajaran kontekstual yang dilakukan guru dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan dalam pembelajaran. Rendahnya capaian hasil pembelajaran IPA yang disebabkan peserta didik kurang berminat, kurang aktif dalam belajar, serta rendahnya minat dan motivasi peserta didik menjadi masalah yang paling umum dalam pembelajaran IPA. Sebanyak 70 artikel yang dikelompokan pada katagori jenis penelitian dan tingkat satuan pendidikan, dianalisis pada bagian latar belakang penelitian, penggunaan pembelajaran kontekstual dan hasil penelitian. Kajian ini menggunakan metode campuran kuantitatif kualitatif (explanatory sequential mixed methods) dengan mendeskripsikan hasil analisis data artikel penelitian. Hasil analisis berdasarkan kelompok penelitian PTK dan Eksperimen Semu, menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual berhasil menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang ditunjukkan pada capaian hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan secara signifikankan.
Copyrights © 2024