Sciening : Science Learning Journal
Vol. 5 No. 1: Juni 2024

Peningkatan Hasil Belajar Stokiometri pada Kuliah Kimia Dasar Menggunakan Pendekatan Flipped Classroom

Stefan Marco Rumengan (Universitas Negeri Manado)
Chaleb Paul Maanari (Universitas Negeri Manado)
Aisyiah Restutiningsih Putri Utami (Universitas Negeri Manado)
Mustapa Mustapa (Universitas Negeri Manado)
Miftahul Jannah (Universitas Negeri Manado)
Vlagia Indira Paat (Universitas Negeri Manado)
Varisky Abraham Dumanauw (Universitas Negeri Manado)
Jeanne Maria Tuerah (Universitas Negeri Manado)
Marlina Karundeng (Universitas Negeri Manado)
Yana Sambeka (Politeknik Negeri Nusa Utara)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Flipped classroom merupakan pendekatan pembelajaran di mana isi materi dan keterampilan yang biasanya diajarkan selama sesi kelas disampaikan di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom pada materi stokiometri dalam kuliah kimia dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 35 mahasiswa kelas A di program studi pendidikan matematika Universitas Negeri Manado (Unima). Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dengan memberikan pretest sebelum proses perkuliahan dan posttest setelah proses perkuliahan dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa pada pretest adalah 49,33, sedangkan pada posttest meningkat menjadi 87,33. Pengujian N-Gain score menunjukkan skor sebesar 77%, yang masuk dalam kategori efektif dan tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model flipped classroom secara efektif dan signifikan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi stokiometri dalam kuliah kimia dasar di program studi pendidikan matematika Unima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...