Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ketidaksesuaian penerapan disiplin siswa di UPT SMPN 2 X Koto dengan rencana yang telah ditetapkan, serta untuk mengidentifikasi upaya yang perlu dilakukan guna memperkuat disiplin siswa demi terwujudnya karakter yang baik. Melalui pendekatan kualitatif, lokasi penelitian dipilih di UPT SMPN 2 X Koto. Tujuan penelitian mencakup pemahaman tentang disiplin di UPT SMPN 2 X Koto, penegakan disiplin di UPT SMPN 2 X Koto, peran guru dalam mendukung kedisiplinan siswa, serta faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan di UPT SMPN 2 X Koto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan di UPT SMPN 2 X Koto relatif baik. Kepala sekolah telah berhasil melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan pelaksanaan disiplin. Selain itu, peran guru juga terlihat dalam penegakan kedisiplinan dengan memberikan sosialisasi kepada orang tua/wali siswa, memberikan contoh kedisiplinan, dan mencatat pelaksanaannya. Penelitian ini memberikan gambaran komprehensif tentang status kedisiplinan di UPT SMPN 2 X Koto, yang dapat menjadi dasar untuk perbaikan dan penguatan disiplin siswa demi menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif.
Copyrights © 2024