Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 7 No 1 (2024): JUNI, ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI TINGKAT DASAR

Wildan Nuril Ahmad Fauzi (Unknown)
Mami Hajaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Abad ke-21 adalah abad pengetahuan, di mana teknologi berkembang dan informasi tersebar luas. Sinergi antara dunia ilmu pengetahuan dan masyarakat umum semakin cepat terjadi di abad ke-21. Pendidikan Nasional abad 21 ini bertujuan untuk mencapai cita-cita bangsa, yaitu masyarakat Indonesia yang sejahtera, bahagia, dan terhormat di dunia internasional. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah studiĀ  Pustaka. Hasil penelitian membahas dalam membangun keterampilan abad 21, melalui; 1) Kreativitas dan Inovasi, 2) Kritis dan Berpikir Analitis, 3) Komunikasi Efektif, 4) Kolaborasi dan Kerjasama, 5) Keterampilan Teknologi, 6) Belajar Seumur Hidup, 7) Kemampuan Menyelesaikan Masalah, 8) Keterampilan Empati, 9) Kemandirian, 10) Adaptabilitas dan Ketahanan. Penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan abad 21 ini dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengaplikasikannya dalam berbagai konteks.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...