PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2024): APRIL 2024

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI

Neli Hasdiyanti (Unknown)
Sri Dewi (Unknown)
Relawati Relawati (Unknown)
Risma Simamora (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial menggunakan video berbasis Powtoon untuk siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model yang digunakan yaitu ADDIE, yang meliputi: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementasi (Pelaksanaan), dan 5) Evaluation (Penilaian). Validasi dilakukan oleh 1 ahli desain, 1 ahli materi, dan 1 ahli media. Media yang dikembangkan diujicobakan dalam 3 tahap yaitu uji coba perorangan dengan subjek 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil dengan subjek 6 orang siswa, dan uji coba lapangan dengan subjek 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) ahli desain diperoleh hasil rata-rata 3,9 yang termasuk kategori “Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 78,18% sehingga termasuk kategori “Layak”. 2) ahli materi diperoleh rata-rata 4,35 termasuk kategori “Sangat Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 87,14% termasuk kategori “Sangat Layak”. 3) ahli media diperoleh rata-rata 3,56 termasuk kategori “Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 71,25% termasuk kategori “Layak”. Penilaian oleh siswa: 1) uji coba perorangan diperoleh rata-rata 4,05 termasuk kategori “Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 81,03% termasuk kategori “Sangat Layak”. 2) uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata 4,06 termasuk kategori “Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 81,24% termasuk kategori “Sangat Layak”. 3) uji coba lapangan diperoleh rata-rata 4,32 termasuk kategori “Sangat Baik” dan dipresentasekan mendapat nilai 86,52% termasuk kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian video pembelajaran berbasis Powtoon materi aritmatika sosial ini dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...