Penelitian ini dilatarbelakangi oleh self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Selama proses pembelajaran berlangsung di sekolah faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa salah satunya, yaitu keyakinan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematis, atau disebut juga self efficacy. Self efficacy merupakan kayakinan diri yang dimiliki oleh setiap individu terhadap kemampuan yang dimilikinya dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan uji regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengukur pengaruh yang signifikan antara self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah keseluruhan 108 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas yang diambil secara random sampling (acak). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan tes uraian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 21 terdiri dari analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data, dan pengujian hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas.
Copyrights © 2024