Pendidikan adalah cara dalam belajar membangun karakter dan potensi yang dimiliki oleh tiap manusia, termasuk pada masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik maupun mental. Melalui Pendidikan inklusi, para siswa sekolah dasar dapat mengenyam pendidikan yang sama dengan siswa pada umumnya tanpa mengenal adanya perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Dengan adanya media pembelajaran sains yang ramah disabilitas akan mempermudah guru dalam memberikan materi pembelajaran yang tidak hanya dipahami oleh siswa biasa saja, namun juga pada siswa yang memiliki kekurangan dalam mendengar. Dalam penelitian ini, dibutuhkan metode penelitian dan pengembangan yang nantinya media pembelajaran ini didesain dengan cara visualisasi dengan gambar muncul yang disertai dengan kode QR sebagai pembelajaran digital yang nantinya berisi kuis sebagai evaluasi pembelajaran sains pada sub materi Bagian Tumbuhan. Maka, setelah adanya desain ini diharapkan akan ada pengembangan lanjutan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran seutuhnya.
Copyrights © 2024