Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2024): April 2024

Desain Media Pembelajaran Ensiklopedia Sains Interaktif Bagi Penyandang Difable

Fahdianti Anggraeni (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Kemil Wachidah (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2024

Abstract

Pendidikan adalah cara dalam belajar membangun karakter dan potensi yang dimiliki oleh tiap manusia, termasuk pada masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik maupun mental. Melalui Pendidikan inklusi, para siswa sekolah dasar dapat mengenyam pendidikan yang sama dengan siswa pada umumnya tanpa mengenal adanya perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Dengan adanya media pembelajaran sains yang ramah disabilitas akan mempermudah guru dalam memberikan materi pembelajaran yang tidak hanya dipahami oleh siswa biasa saja, namun juga pada siswa yang memiliki kekurangan dalam mendengar. Dalam penelitian ini, dibutuhkan metode penelitian dan pengembangan yang nantinya media pembelajaran ini didesain dengan cara visualisasi dengan gambar muncul yang disertai dengan kode QR sebagai pembelajaran digital yang nantinya berisi kuis sebagai evaluasi pembelajaran sains pada sub materi Bagian Tumbuhan. Maka, setelah adanya desain ini diharapkan akan ada pengembangan lanjutan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran seutuhnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jundikma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Media Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Desain sistem Pembelajaran, serta Makalah Ilmiah Hasil ...